Total Tayangan Halaman

Sabtu, 20 Juli 2013

Change & Rebound


Dinamika
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas ni’mat sehat wal’afiat dan senantiasa mendapat petunjuk dan kemudahan dari Allah SWT dalam menjalankan tugas pada semester pertama tahun ini sebaik-baiknya. Harapan yang sama, semoga demikian juga untuk semester dua nanti.

Pada semester pertama, PUL Group telah begitu banyak melakukan perubahan (change) dalam mengelola bisnis yang kini lebih focus pada kinerja, melahirkan bisnis baru maupun modernisasi sarana dan prasarana kerjanya.

Sedangkan bidang SDM, memulai program pendidikan dan pelatihan (diklat) intensif agar lahir karyawan yang berkarakter, dengan budaya perusahaan yang kuat serta etos kerja yang dahsyat menuju legenda.

Beberapa program pelatihan yang dilakukan dalam rangka menunjang program SDM, pada semester ini antara lain :
1.       Pelatihan pada tingkat asisten manager dan staf, tentang pelayanan (service) dan budaya perusahaan (SERBU) yang bekerjasama dengan motivator berpengalaman, Bapak Blasius Haryanto.
2.       Pelatihan pada tingkat general manager, senior manager hingga manager, tentang “Change and Rebound” yang terselenggara atas kerjasama dengan “Sinergi Daya Insani”, sebuah Lembaga Psycologi & Management Consulting.
3.       Pelatihan pada tingkat direksi, general manager, senior manager, manager dan kader, tentang pelayanan (service), budaya perusahaan dan Neuro Linguistics Programming (NLP) yang terselenggara berkat kerjasama dengan Bapak Blasius Haryanto dan Bapak Tri Warsono (pakar NLP)
4.       Program pendidikan pasca sarjana (S-2) bidang transportasi dan logistics. Saat ini, 2 (dua) orang sudah berhasil lulus. Sedangkan yang masih menjalani pendidikan sebanyak 10 (sepuluh) orang. Program ini akan terus dilanjutkan bagi karyawan S-1, dengan persyaratan dan ketentuan perusahaan.

Langkah-langkah tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan agar PUL Group dapat rebound (bangkit kembali), dengan wujud baru sebagai, antara lain:
1.       DHU, dari terminal konvensional menjadi terminal peti kemas dalam negeri.
2.       DMK, dari container yard, CFS/warehousing menjadi pergudangan modern dan pusat distribusi logistics modern
3.       GI, dari depo peti kemas, trucking, forwarding menjadi International Logistics Service.
4.       MPPL, dari kapal konvensional menjadi kapal-kapal  khusus dan kapal tanker.

Sebagai bekal dalam melaksanakan tugas yang semakin berat itu marilah kita senantiasa mengikuti petunjuk Allah SWT yang tersurat dalam Al Qur’an dan berupaya mengamalkannya dengan maksimal.

Dalam acara rapat rutin CM3 (Coffee Morning Management Meeting) Senin (17/06/2013), saya telah membacakan  Surat ke 94 Al Qur’an. Makna surat ini dapat menjadi salah satu landasan kerja yang memberikan energi untuk jasmani dan rohani yang dahsyat.

Marilah kita simak makna dan kandungan Surat tersebut :
1.       Bukankah Tuhan-Mu telah melapangkan dadamu (Muhammad)?
2.       Dan Tuhan-mu telah menurunkan beban darimu
3.       Yang memberatkan punggungmu
4.       Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu
5.       Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan
6.       Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan
7.       Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.
8.       Dan hanya kepada Tuhan-mulah hendaknya kamu berharap.

Selain itu, kita simak pula rahasia sukses dari para pengusaha yang sudah melegenda atau sedang menuju legenda:
1.       Donald Trump, pengusaha property di Amerika Serikat mengatakan : “Kerjakan apa saja yang bisa memenuhi untuk mencapai tujuan kita dan jangan pernah menyesali diri. Saya bekerja begiti keras sehingga tidak ada kesempatan untuk berfikir negative”.
2.       Bill Gates, pendiri Microsoft, pengusaha sukses Amerika Serikat dan beberapa kali dinobatkan Majalah Forbes, sebagai orang terkaya sejagad, menggugah kita : “Apabila anda dilahirkan dalam keadaan miskin, ini adalah bukan kesalahan anda, tetapi kalau anda nanti wafat masih dalam keadaan miskin, itu adalah kesalahan anda sendiri”.
3.       Soedarpo (alm), pengusaha pelayaran dan salah satu orang terkaya di Indonesia, pemilik perusahaan pelayaran Samudra Indonesia Group, pernah mengatakan : ‘Perjalanan hidup di dunia ibarat air sungai yang mengalir deras, ikutilah dengan cermat dan cerdas, karena kalau berani menentang arus bakal tenggelam”.
4.       RA. Suwarto, pengusaha, direktur utama dan CEO PUL Group yang bergerak dibidang pelayaran, forwarding, trucking, depo peti kemas, container yard, pergudangan, terminal peti kemas dalam negeri, bus pariwisata, property dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Rahasia suksesnya adalah “Tebarkanlah benih kebaikan, Insya’ Allah ia akan tumbuh berkembang dan berbuah kebaikan yang lebih banyak”.

Hayati pula QS. Ke 42 ayat 23 yang artinya “Itulah (karunia) yang (dengan itu)Allah menggembirakan hamba-hambaNya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah (Muhammad), Aku tidak meminta kepadamu sesuatu apapun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan. Dan barangsiapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan kebaikannya baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri”.

Dengan demikian maka motto PUL Group dapat digunakan sepanjang jaman “Tumbuh Berkembang Maju Bersama Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Bersama Serta Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Kepada Pelanggan”.

Lalu bagaimanakah dengan semboyan PUL Group sebagaimana yang disampaikan Pak Blasius :
“PUL GROUP … ?”
“YES!”
“Bisa Berubah …. ?”
“YES!! YES!!”

Ini kembali pada kita semua. Sejauh mana kemauan dan keyakinan kita meraih cita-cita bersama ini.

Meski begiti, marilah kita yakini bahwa dengan kebersamaan, PUL Group akan dapat meraih cita-citanya. Asal kita yakin, seperti yang dimotivasi Bapak Tri Warsono.
“Sulit sih sulit … tapi Bisa …!”.

Ini mental positif yang harus kita jaga. Jadi, sekali lagi, kita harus yakin. Memang sulit dan tidak mudah, tapi kita bisa. Insya’ Allah.

Semoga kita mendapat rahmat Allah SWT dan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan perubahan (Change) dan kebangkitan kembali (Rebound) ini Amin.

The Last but not least, marilah kita mempersiapkan diri untuk menyambut dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang beberapa hari lagi akan tiba. Selamat Berjuang, semoga sukses …..

RA Suwarto
(CEO PUL Group)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar